Friday, July 29, 2011

Naya at School

Aneh? Mungkin yang baca –seperti kebanyakan orang-bakal mikir: ‘Hah? Gile lu ya Met, anak masih piyik gitu disekolahin’ atau justru malah mikir Meta ibu yang ambisius. Atau ada yang mikir lain?

Sebenernya engga ada maksud apa-apa dari Meta buat nyekolahin Naya di umurnya yang masih 4 bulan ini. Sama sekali. Iseng mungkin kata yang tepat ya hehe. Ceritanya gini, Meta lagi survey biaya pendidikan sekolah anak di Surabaya. Buat siap-siap investasi dan nabunglah.-baca: mengurangi online shopping disini dan disana:p-

Pas lagi nanya-nanya ke salah seorang teman yang merupakan guru di baby and toddler school,Gymboree Surabaya, dia menawarkan untuk mencoba free trial. Eh btw ada beneran lho baby class. {Pesertanya umur 0-6 bulan). Lucu ya?

Penasaran-dan karena gratisan tentu saja fufufufu-Meta langsung semangat 45 buat bawa Naya kesana. Pengen tau deh, bayi sekolah itu diajarin ngapain aja. Dan yang bikin Meta penasaran banget adalah: reaksinya Naya gimana ya?

Sehari sebelum free trial sekolah ini, Meta bolak/i ngomongin Naya kalo besok pagi dia nyobain sekolah. Fyi, Meta selalu ngomong ke Naya apapun yang bakal dia atau Meta lakuin dalam waktu dekat. Tujuannya biar dia engga kaget kalo harus Meta tinggal, juga biar tau dia harus ngapain.

Agak stress karena hari itu Naya masih ngoceh aja dan engga mau tidur sampe jam 5 pagi. Takutnya ngantuk dan jadi rewel di sekolah. Segala cara mulai diayun-ayun, ditepok-tepok, dimatiin lampunya, dipasangin lagu lullaby, engga ada yang ngefek. Malah, waktu Meta ayun-ayun, dia merem. Dalem hati Meta udah seneng aja,sayup-sayup terdengar suara Dora ‘berhasilll yes berhasilll’. Eh baru ditaro di bednya, tiba-tiba si bocah melek terus ketawa jail. ZzzZZzzZz. Iseng banget deh. Tapi akhirnya sekitar sejam sebelum kelas dimulai, tidur juga anak kecil ini.

Meta nyobain free trial Gymboree di Galaxy Mall, deket banget dari rumah. Begitu Naya bangun tidur, langsung berangkat ke sana. Tempatnya besar, bagus, colourful dan banyak mainan anak-anaknya. Ternyata ada satu bayi lagi yang juga nyobain baby class. Lebih besar dari Naya sih, umurnya 6 bulan mau 7 bulan. Ada 3 tenaga pengajar di tiap sessinya.

Sebelum masuk kelas, semua bayi harus pake name tag yang ditempel di punggung (karena posisinya saat belajar bakal lebih banyak tengkurep alias tummy time). Liat deh name tagnya Naya hahaha. How cute eh!

Sessi pertama, singing with Gymbo, badut iconnya Gymboree. Di sessi ini, Naya keliatan happy berat. Ikut nyanyi-nyanyi (tanpa nada yang tepat), ikut ketawa-ketawa, dan semua diajak ngoceh sama dia.
Ah, seneng banget deh Meta ngeliatnya. Beneran, sejak jadi ibu, hal yang paling bikin bahagia itu adalah liat anak bahagia, dan yang paling sedih itu liat anak sakit deh. Sayangnya, waktu sessi pertama itu Meta pikir engga boleh difoto –Banyak kertas ditempel yang berisi larangan foto-, jadi happynya Naya engga kefoto deh.

Baru setelah masuk sessi kedua, tummy time sambil liat kaca, salah satu miss pengajarnya bilang ke Meta, ‘kalo mau difoto boleh kok’. Yahh, engga apa-apa deh:D
DI sessi kedua inilah segala kekacauan dimulai. Jadi Naya dapet giiliran pertama. Ditengkurepin di depan cermin yang banyak bola warna/i-nya. Bola-bola ini digelindingin bolak/i. Naya diminta ngambil satu bola yang paling disuka. Waktu Naya mau ngambil salah satu bola, berarti kan dia numpu seluruh beratnya hanya pake satu tangan tuh, tiba-tiba miringlah badannya dan jreeeeng.. sukseslah terjatuh miring hehe. Karena emang lucu banget, semua yang ada di kelas ketawa. Nah, Naya nangis diketawain. Ngambek beneran lho. Setelah itu engga mau sama sekali ngikutin games yang ada. Hedeeeh, nurun siapa ya iniii...

Masih ada beberapa sessi lagi di kelas bayi ini. Tapi ya itu, Naya terlanjur ngambek:p Cuma ada satu yang dia mau –itu pun cuma sebentarsebelum nangis lagi- yaitu waktu Naya diangkat pake kain sama semua gurunya dan diayun-ayun.
Selain itu udah engga mau ngapa-ngapain, ngambek berat hahahaha. Semua ditendangin, semua dilemparin. -Note to self: coba dipikirin kemungkinan masukin Naya ke sekolah kepribadian hahaha-

Anyway, setelah free trial, Meta engga berniat masukin Naya ke baby class kok. Selain biayanya mahal banget –mending ditabung buat sekolah beneran-, semua yang diajarin disana mostly bisa dilakuin di rumah. Alesan bersosialisasi? Ah, mungkin bener juga, tapi menurut Meta, sosialisasi di taun pertama anak adalah yang paling penting, di lingkungan keluarga, bukan di lingkungan sekolah.

Kalo ada uang lebih sih boleh-boleh aja, engga ada salahnya kok:)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...